Cara Mengetahui Tanggal Kadaluarsa Makanan di Tiongkok

Cara Mengetahui Tanggal Kadaluarsa Makanan di Tiongkok

Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Hari ini tanggal 27 Februari 2016 Tiongkok telah memasuki musim semi, dan suhu perlahan-lahan mulai naik, bunga-bungapun mulai bermekaran. Syukur Alhamdulillah bisa merasakan nikmat hangatnya cahaya matahari dan bisa jemur pakaian kapan saja lagi Hahaha. Lho kenapa begitu? Ya Sob, karena pada saat musim dingin lalu apabila kita menjemur pakaian hari ini, maka baru bisa diangkat 2 hari setelahnya, dan itupun masih lembab Sob. Terkadang juga tak heran jika kita langsung menjemur pakaian yang masih basah, maka pakaiannya akan beku dan keras.

Di Tiongkok untuk mencari bahan makanan itu tidak terlalu sulit dan tempatnya mudah dijangkau. Tetapi jika Sobat membeli makanan yang bersifat kemasan atau bungkus di Tiongkok, maka perlu diperhatikan bahwa 保质期 bǎozhìqī tanggal kadaluarsa yang biasanya tertulis pada bungkus makanan itu berbeda penulisannya dengan kita di Indonesia Sob. Jika di Indonesia kita dengan mudah menemukan tanggal kadaluarsa tertulis berdekatan dengan tanggal produksinya seperti gambar di bawah ini:


Atau tanggal kadaluarsanya ditulis seperti ini:


Sedangkan di Tingkok, pada umumnya kita hanya akan menemukan tanggal produksinya saja yang tertulis Sob. Lalu bagaimana kita bisa tahu kapan tanggal kadaluarsanya? Tanggal kadaluarsa pada bungkus makanan di Tiongkok, biasanya tertulis berdekatan dengan komposisi makanan tersebut, dan ditulis dengan jumlah bulan layak dikonsumsi, sehingga kita tinggal menghitung sendiri dengan cara menambahkan tanggal produksi tadi dengan jumlah berapa bulan makanan tersebut layak dikonsumsi. Perhatikan gambar di bawah ini:
Tanggal produksi pada kemasan makanan di Tiongkok
Jumlah bulan layak dikonsumsi

Pada gambar pertama terlihat bahwa tanggal produksinya adalah 21 Januari 2016 dan pada gambar kedua kita bisa menemukan jumlah berapa bulan makanan tersebut layak dikonsumsi yang berdekatan dengan komposisi makananan di sebelahnya. Di sana tertulis 保质期 bǎozhìqī: 12 个月 gè yuè yang artinya baik digunakan sebelum: 12 bulan, lalu kita bisa jumlahkan dengan tanggal produksinya sehingga kita dapatkan bahwa tanggal kadaluarsanya adalah 21 Januari 2017 atau 1 tahun dari tanggal produksi.

Bagaimana Sob? Sekarang sudah tahu kan? Jadi, jangan sampai kita membeli makanan yang telah melampaui batas tanggal kadaluarsanya ya, dan jangan terkecoh dengan harganya yang murah dengan kualitas yang tidak terjamin.

Demikianlah artikel tentang Cara Mengetahui Tanggal Kadaluarsa Makanan di Tiongkok, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

1 comment for "Cara Mengetahui Tanggal Kadaluarsa Makanan di Tiongkok"

Comment Author Avatar
Boss yang bikin artikel masih hidup gak boss?

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)