Tips Ampuh Lulus Ujian Standar Bahasa Mandarin (HSK)

 
Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas secara lengkap tentang apa itu ujian standar bahasa Mandarin atau biasa disebut dengan HSK di sini. Apabila Sobat belum mengetahui apa itu HSK, silakan bisa kita baca dulu artikel sebelumnya ya. Sobat Bisa Mandarin yang akan mengambil ujian HSK, sangat tepat sekali nih untuk membaca beberapa tips ampuh lulus ujian standar bahasa Mandarin yang akan kita bahas di artikel ini.

Jangan khawatir dan takut dalam menghadapi ujian HSK ya, apabila kita berusaha semaksimal mungkin untuk mempersiapkannya sebelum ujian, maka insya Allah kita akan mendapatkan hasil yang terbaik. Ujian HSK ini biasanya akan dihadapi oleh mahasiswa asing yang kuliah di Tiongkok sebelum memasuki pelajaran jurusan, atau sebagai syarat bagi kita ingin bekerja di suatu perusahaan Tiongkok.

Yuk langsung saja kita simak beberapa tips ampuh lulus ujian standar bahasa Mandarin atau HSK di bawah ini:

Kepoin & Kenalan Dulu Dengan HSK
Penting bagi kita untuk mengenal atau kepoin dulu bagaimana bentuk dari soal HSK itu, ada bagian apa saja yang diujikan, berapa menit pengerjaannya, minimal nilai kelulusan, computer based atau paper based yang akan diambil. Langkah awal ini sangat penting agar kita tidak kaget dengan soal HSK yang sebenarnya nanti, dan setidaknya kita telah memiliki gambaran terhadap soalnya.

Persiapkanlah Dari Jauh Hari
Mempersiapkan dari jauh hari sebelum menghadapi ujian HSK adalah hal yang penting, jangan sampai kita 1 Minggu sebelum ujian HSK barulah kita mempersiapkannya dengan meningkatkan porsi belajar, ataupun menghafal kosakata banyak sekaligus, karena hal itu akan sia-sia dan ibaratnya kita akan overload terhadap apa yang kita pelajari secara sistem kebut ini, sehingga itu akan membuat kita pusing sendiri ataupun bisa jatuh sakit. Jangan terlena dengan waktu yang masih panjang menjelang ujian HSK ya, khawatir nanti tak terasa tiba-tiba sudah 1 Minggu lagi ujian HSK-nya.

Perbanyaklah Membahas dan Latihan Mengerjakan Soal-Soal HSK
Silakan Sobat kumpulkan dan download sebanyak mungkin contoh-contoh soal HSK di internet. Banyak membahas dan latihan mengerjakan soal-soal HSK adalah salah satu cara paling efektif untuk membiasakan kita dengan soal HSK. Apabila kita menemukan soal latihan yang sulit, maka kita bisa menanyakan solusi dari soal tersebut kepada 老师 lǎo shī atau dosen kita, serta bisa juga membahasnya bersama teman-teman sekelas.

Cobalah untuk memahami dengan matang dari tiap soal latihannya. Sobat bisa men-download kumpulan soal HSK tingkat 1 s.d. 6 di link berikut ini: http://bit.ly/bisamandarin.

Mengikuti Tryout Dengan Baik Di Kampus
Biasanya kampus akan mengadakan tryout ujian HSK beberapa Minggu sebelum ujian sebenarnya dimulai. Maka ikutilah dengan baik tryout tersebut, karena dari situ kita bisa mengukur kemampuan sejauh mana kesiapan kita untuk mengikuti ujian HSK. Apabila kemampuan kita dirasa masih kurang, maka kita harus meningkatkan lagi porsi belajarnya. Tetapi apabila kita mendapatkan hasil yang bagus, maka jangan pernah merasa cukup, terlena, dan puas dari hasil tryout tersebut, karena kita harus mempertahankan serta meningkatkan lagi capaiannya.

Belilah Buku Yang Membahas Tentang HSK
Kita juga bisa membeli buku yang membahas tentang grammar, kosakata, dsb pada tingkat ujian HSK yang akan kita ambil. Buku ini bisa kita temukan di toko buku, toko online, ataupun apabila Sobat berada di Tiongkok, bisa membeli bukunya di 淘宝 táo bǎo (pasar online terkenal di Tiongkok). Berikut adalah salah satu rekomendasi buku yang dapat Sobat beli di toko online 淘宝:


Yang sampul merah merupakan buku pembahasan grammar, kosakata, dsb, sedangkan yang sampul putih merupakan workbook atau kumpulan soal-soal HSK tingkat 4-nya. Sobat bisa mencari buku tersebut di 淘宝 dengan keyword 汉语水平考试 标准教程 hànyǔ shuǐpíng kǎoshì biāozhǔn jiàochéng. Jangan ragu mengeluarkan uang untuk membeli ilmu ya, karena sejatinya kita menambung uang dengan ilmu tersebut.

Percaya Kepada Kemampuan Diri Sendiri
Jangan pernah berpikir yang negatif terhadap diri sendiri, tetapi teruslah memotivasi diri dan berpikir positif bahwa kita pasti dapat lulus dalam ujian HSK serta mendapatkan nilai yang terbaik. Hiraukan teman-teman kita yang selalu berucap, ah susah banget nih ujian HSK 4, kita bakal lulus ngga ya? Abaikan! Dan percayalah bahwa kamu pasti akan lulus dengan nilai terbaik!

Pastikan Kondisi Badan Kita Fit Menjelang Ujian
Kita juga harus menjaga kesehatan ya, jangan sampai karena kita banyak belajar hingga larut malam membuat kondisi badan kita kurang baik menjelang ujian. Maka manajemenlah waktu belajar dengan baik, jangan sampai kita tiap hari begadang hingga larut malam karena belajar ujian HSK, karena kondisi badan yang kurang baik juga akan mempengaruhi konsentrasi kita pada saat mengerjakan soal.

Perbanyaklah Berdoa
Percuma apabila kita berusaha sekuat tenaga, tekun, dan rajin mempersiapkan ujian HSK, tetapi kita tidak berdoa kepada Allah untuk meminta kelancaran pada saat mengerjakan ujian HSK nanti. Maka, jangan lupa agar kita terus berdoa dari jauh hari ya.

Itulah beberapa tips ampuh lulus ujian standar bahasa Mandarin atau HSK yang dapat saya bagikan. Tetap semangat mempersiapkan ujiannya ya! Semoga nanti ujiannya lancar dan mendapatkan nilai terbaik. Silakan share artikel ini kepada teman-teman lainnya ya.

Terima kasih. Selamat belajar.

Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Post a Comment for "Tips Ampuh Lulus Ujian Standar Bahasa Mandarin (HSK)"