Cara Membaca Bilangan Kardinal dalam Bahasa Mandarin

Cara Membaca Bilangan Kardinal dalam Bahasa Mandarin

Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Pada artikel sebelumnya, kita pernah membahas tentang Belajar Menghitung Angka dalam Bahasa Mandarin di sini. Apabila Sobat belum mengetahui tentang angka dalam bahasa Mandarin, silakan Sobat baca terlebih dahulu artikelnya, sebelum mempelajari artikel yang akan kita bahas kali ini. 

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tetang membaca bilangan kardinal dalam bahasa Mandarin. Apa sih yang dinamakan bilangan kardinal? Bilangan kardinal atau 基数词 jī shù cí adalah sebuah bilangan yang menunjukkan sebuah kuantitas. Dalam bahasa Mandarin, bilangan ini dibaca satu per satu, tidak memperhitungkan berapa banyak digit yang akan dibaca. Sebagai contoh, nomor rumah, telepon, mobil, lantai, dan lain-lain.

Perhatikan contoh di bawah ini:
  • 0852 1579 2810
    maka di baca, líng bā wǔ èr yāo wǔ qī jǐu èr bā yāo líng
  • 19 楼 302 号
    maka di baca, shí jǐu lóu sān líng èr hào
Kenapa angka 1 dibaca yāo, dan bukan ? Pada saat pembacaan bilangan kardinal, angka 1 sering dibaca yāo, karena alasannya adalah agar jelas pada saat didengar, dan telah menjadi kebiasaan masyarakat di sini. Apabila kita membaca angka 1 dengan seperti biasanya, itu juga benar dan tak menjadi masalah kok.

Perlu diperhatikan juga bahwa angka 2 harus dibaca èr, dan tidak bisa dibaca liǎng. Contoh: 202 号 èr líng èr hào.

Demikianlah artikel tentang Cara Membaca Bilangan Kardinal dalam Bahasa Mandarin, apabila Sobat ada pertanyaan tentang artikel ini, silakan komentar di bawah ya. Terima kasih dan selamat belajar. 再见!zài jiàn

Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Post a Comment for "Cara Membaca Bilangan Kardinal dalam Bahasa Mandarin"