Tata Bahasa Keterangan Tempat dalam Bahasa Mandarin

Tata Bahasa Keterangan Tempat dalam Bahasa Mandarin

Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Tata bahasa atau grammar juga sangat penting dalam mempelajari bahasa asing, dengan mempelajari tata bahasa dalam Mandarin, maka kita akan tahu mana kalimat yang benar atau salah.

Dalam bahasa Mandarin terdapat banyak tata bahasa yang akan kita pelajari, dan salah satunya adalah tata bahasa keterangan tempat dalam bahasa Mandarin pada artikel ini. Perlu diketahui bahwa dalam bahasa Mandarin sebuah subjek yang diikuti oleh predikat sudah dapat digolongkan sebagai sebuah kalimat, walaupun tidak mempunyai objek atau keterangan. Jadi, objek dan keterangan pada kalimat bahasa Mandarin bersifat tidak wajib ada.

Struktur kalimat dalam bahasa Mandarin selalu meletakkan keterangan tempat setelah subjek dan sebelum predikat, berbeda dengan kita bahasa Indonesia yang keterangan tempatnya bisa diletakkan di awal atau akhir kalimat.

Berikut di bawah ini adalah tata bahasa keterangan tempat dalam bahasa Mandarin:
Contoh kalimat:
  • 我在公司工作
    zài gōngsī gōngzuò
    Saya bekerja di perusahaan
  • 我们在食堂吃饭
    wǒ men zài shítáng chīfàn
    Kami makan di kantin
  • 他在北京大学当老师
    zài Běijīng Dàxué dāng lǎo shī
    Dia menjadi guru di Universitas Peking Beijing
Rekaman audio kalimat di atas bisa Sobat dengarkan di sini:


Kata 在 zài pada kalimat diatas mempunyai arti di, dan fungsi objek di atas tidak wajib ada dalam kalimat. Terkadang saya memiliki cara sendiri untuk mengingat tata bahasa ini, adalah dengan cara berpikir seperti ini:
dimana + ngapain?

Awalnya kita memang belum terbiasa dengan tata bahasa ini, tetapi jika terus latihan dan belajar, maka akan menjadi terbiasa. Cobalah untuk membuat contoh kalimat lainnya dengan menambahkan keterangan tempat dan predikat seperti di atas.

Demikianlah artikel tentang Tata Bahasa Keterangan Tempat dalam Bahasa Mandarin, apabila Sobat ada pertanyaan, silakan kirimkan komentar di bawah, atau kirim pesan melalui halaman kontak. Terima kasih dan selamat belajar.

Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Post a Comment for "Tata Bahasa Keterangan Tempat dalam Bahasa Mandarin"