Mengenal Zhou Youguang Bapak Metode Hanyu Pinyin

Mengenal Zhou Youguang Bapak Metode Hanyu Pinyin

Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Tentu setiap orang yang belajar bahasa Mandarin telah mengetahui apa itu 拼音 pīnyīn atau penulisan fonetik. Pinyin disetujui penggunaannya pada tahun 1958 dan selanjutnya diadopsi pada tahun 1979 oleh pemerintah Republik Rakyat Tiongkok. Sistem ini menggantikan sistem alih aksara lama seperti Wade-Giles (1859; dimodifikasi pada 1912) dan Bopomofo.

Sejak saat itu, Hanyu Pinyin telah diterima sebagai sistem alih aksara utama untuk bahasa Mandarin di dunia. Pada tahun 1979, Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) mengadopsi Hanyu Pinyin sebagai standar romanisasi untuk bahasa Mandarin. Sistem ini diadopsi sebagai standar resmi di Taiwan pada tahun 2009 yang umumnya disebut sebagai Sistem Fonetis Baru.

Lalu, siapa sih yang membuat metode Hanyu Pinyin ini? Ya, namanya mungkin tidak terlalu terkenal dikalangan mayoritas warga asing di China, beliau adalah 周有光 Zhōu Yǒuguāng beserta timnya yang telah membuat metode Hanyu Pinyin. 周有光 Zhōu Yǒuguāng lahir di 中国 China, provinsi 江苏 Jiāngsū, kota 常州 Chángzhōu pada tanggal 13 Januari 1906, yang saat ini telah berumur 110 tahun. Awalnya nama asli beliau adalah 周耀平 Zhōu Yàopíng, sedangkan 周有光 Zhōu Yǒuguāng adalah nama samaran yang digunakan beliau pada saat menulis suatu karya, tetapi kemudian nama 有光 Yǒuguāng akhirnya menjadi nama yang diasumsikan. Beliau terlahir sebagai ahli bahasa atau linguist China, ahli sistem penulisan, dan beliau juga cakap dalam bahasa asing lainnya seperti Inggris, Prancis, serta Jepang. 

Pada saat muda 周有光 Zhōu Yǒuguāng berfokus pada ekonomi, keuangan, dan pernah bekerja sebagai dosen ekonomi. Tahun 1955, akademik yang beliau pelajari berubah arah untuk menjalani tugas khusus dalam penelitian bahasa dan bahasa tertulis, lalu dikabarkan pada tahun 1958, beliau telah berpartisipasi dalam mengarahkan atau memimpin penyusunan Rancangan Hanyu Pinyin. Di dalam kepemimpinannya beliau telah berhasil membuat sistem Hanyu Pinyin, kemudian 10 tahun terakhir selanjutnya, beliau bekerja untuk memperbaiki satra dan bahasa di daratan China. Perlu diketahui juga bahwa penulis kontemporer dan arkeolog China, 沈从文 Shěn Cóngwén adalah suami dari saudara perempuannya.


Foto di atas adalah foto dari 周有光 Zhōu Yǒuguāng saat masih muda, riwayat pendidikan beliau dimulai bersekolah di:
  1.  常州高级中学 Chángzhōu gāojízhōngxué (SMA Changzhou)
  2. 上海圣约翰大学 Shànghǎi ShèngYuēhàn dàxué (Universitas Saint John Shanghai)
  3. 光华大学 Guānghuá dàxué (Universitas Guanghua)
  4. 京都大学 Jīngdū dàxué (Universitas Kyoto, Jepang) 
Kemudian 周有光 Zhōu Yǒuguāng menikah dengan 张允和 Zhāng Yǔnhé pada tanggal 30 April 1933 dan mempunyai dua buah hati, tetapi istrinya meninggal pada tanggal 14 Agustus 2002, umur 69 tahun.
Foto 周有光 Zhōu Yǒu guāng, 2012
Bagaimana? Sekarang sudah tahu kan Bapak dari metode Hanyu Pinyin? Sering kali kita mengetik menggunakan pinyin di komputer, laptop, atau HP untuk sarana komunikasi, sehingga pinyin menjadi salah satu solusi penting sebagai sistem jembatan China dan seluruh dunia untuk berkomunikasi. Apalagi saat ini kita akan bersaing menghadapi MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean, yang tentunya mengharuskan kita untuk mempelajari bahasa internasional agar mempermudah dalam komunikasi dengan pendatang dari luar Indonesia.

Demikianlah artikel tentang Mengenal Zhou Youguang Bapak Metode Hanyu Pinyin, semoga bermanfaat dan tetap semangat untuk belajar.

Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Sumber:
1. Profil 周有光: https://zh.wikipedia.org/wiki/周有光
2. Hanyu Pinyin: https://id.wikipedia.org/wiki/Hanyu_Pinyin

Post a Comment for "Mengenal Zhou Youguang Bapak Metode Hanyu Pinyin"